Search

Apa itu Ransomware?? Adakah cara untuk mengatasi serangan Ransomware??

Ransomware

Ransomware

Berikut ini adalah artikel pembahasan tentang dunia teknologi dan sekarang kita akan membahas Ransomware (Perangkat Pemeras). Apa itu Ransomware, apa dampaknya, dan adakah cara menanganinya.

Pengertian Ransomware

Menurut admin : Ransomware adalah sejenis virus yang sangat berbahaya, yang berfungsi atau digunakan buat pelaku kejahatan cyber untuk men-encrypt data komputer atau website guna mendapatkan imbalan.

Menurut Wikipedia : Ransomware adalah jenis perangkat perusak yang dirancang untuk menghalangi akses kepada sistem komputer atau data hingga tebusan dibayar. Jenis yang sederhana bekerja dengan mengunci sistem dengan cara yang tidak sulit untuk ditangani oleh orang yang ahli, sedangkan jenis yang lebih canggih akan mengenkripsi berkas sehingga tidak dapat diakses. Serangan perangkat pemeras umumnya dilakukan melalui Trojan yang disamarkan sebagai berkas yang sahih.

Dampak terkena Ransomware

Dampak yang terjadi saat seseorang terkena serangan Ransomware sangatlah merugikan, karena apa?? Si pelaku Ransomware meminta tebusan yang harus diberikan segera dan disini seseorang yang terkena Ransomware sudah dirugikan dalam segi dana.

Lagi, jika seseorang yang terkena Ransomware tidak sanggup membayar maka file yang telah di encrypt sebelumnya akan hilang begitu saja, dan itu kerugian dalam segi pekerjaan.

Bayangkan sebuah website perusahaan terkena serangan Ransomware dan tiba-tiba ada pelaku kejahatan cyber yang sengaja untuk men-encrypt dan meminta tebusan namun perusahaan tersebut tidak sanggup maka semua hasil project di website tersebut hilang begitu saja tanpa jejak.

Adakah cara untuk mengatasi serangan Ransomware?

Bisa jadi ada ya, tapi admin gak terlalu tahu bagaimana cara mengatasi serangan Ransomware tersebut. Menurut informasi yang admin dapat dari Wikipedia berikut cara mengatasi saat seseorang terkena serangan Ransomware.

Menurut Wikipedia : Perangkat pemeras (Ransomware) bisa diatasi dengan aplikasi dekripsi (decryptor) yang mana akan mendekripsi berkas yang sudah terinfeksi perangkat pemeras kembali ke bentuk asalnya. Hanya saja tidak semua jenis perangkat pemeras dapat diatasi dengan decryptor terlebih lagi jika di dalamnya terdapat ID Keys Online yang selalu diperbarui dari pihak pembuat perangkat pemeras.

Post a Comment

0 Comments